Bingung dalam perjalanan menggunakan transportasi umum? Pakai Aplikasi Trafi yuk

Hari ini transportasi umum (Tj, Kereta, Angkot) dirasa menyenangkan untuk digunakan. Karena fasilitasnya telah diperbarui, dengan biaya ongkos lebih murah dibanding menggunakan sewa mobil, ojek, maupun ojek online, bahkan kendaraan pribadi. Semua Transportasi umum itu sudah dilengkapi Airconditioner/ AC yang membuat kita gak kegerahan dan walaupun angkot belum dilengkapi fasilitas itu, setidaknya angkot masih gratis.

Saya terbiasa menggunakan kendaraan umum, dan lebih prefer kendaraan umum. Selain karena mau bertingkah heroik dengan mengurangi polusi dan memboroskan sumber energi bumi, yang paling important harganya murah sekali.

Nah sialnya kalau kita ketempat baru, kita suka gak tahu harus kemana dan naik kendaraan apa. Tapi hey! Ini kan jaman digital yang memudahkan segalanya! kalau kemarin kalian disibukan dengan cara membaca peta transjakarta, semakin hari kita akan menemukan cara yang lebih simpel. Apalagi sekarang penjaga pintu di Transjakarta sudah di hilangkan, maka tak ada lagi tempat kita bertanya dengan puas mengenai arah jalan. Well, disinilah saya akan berperan.

Berkenalan dengan Trafi 

Trafi pada awalnya saya kenal sebagai aplikasi yang memberikan arahan jalan di seputar kota metropolitan khusus pengguna transportasi umum. Aplikasi ini dapat di download di Playstore, dan sudah lama saya menggunakannya. Aplikasi ini berisi pilihan mau mencari tahu tentang angkot Jaklingko atau Bus Trans, bahkan langsung mencari tahu cara ketempat tujuanmu menggunakan kendaraan umum.  Awalnya saya hanya mengenalnya dalam bentuk aplikasi, namun ternyata ada versi webnya yang bisa kita operasikan menggunakan chrome atau web browser lainnya.

Tapi ada kekurangan dan kelebihan dalam dua versi itu. Kekurangannya; kalau versi web dia terkadang tidak bisa diakses, sedangkan versi aplikasi memakan banyak memori ponsel. Dan kelebihanya adalah sebaliknya.

Tak Jauh beda dengan Trafi, GoogleMaps pun sama. Bedanya Trafi hanya menunjukan rute naik angkutan umum, GoogleMaps mengarahkan jalan baik angkutan pribadi maupun umum. Hanya saja saya lebih memilih Trafi dalam mencari jalur transportasi umum dibanding GoogleMaps, karena GoogleMaps terkadang tidak terlalu akurat.



Cara Menggunakan Trafi

1. Download aplikasi Trafi di Playstore atau klik link disini Download Trafi, dan bisa juga menggunakan website dengan klik disini www.trafi.com/id/jakarta

2. Kemudian masuk ke dalam aplikasi, atau website, dan kamu akan bertemu format menentukan tujuan seperti dibawah ini.



3. Isi kolom "Dari" dengan tempatmu berada misalnya sekarang kamu sedang ada di Tanjung Priok, dan kolom "Ke" dengan tempat tujuanmu Perpusnas, atau sebaliknya.

4. Kamu akan dikasih beberapa pilihan rute seperti di bawah ini, dan langsung klik saja.


5. Kemudian pilih dan klik sesuai kecocokanmu. Kalau memang hasilnya hanya satu pilihan seperti diatas, maka memang itu satu-satunya rute yang ada. Ketika kamu sudah memilih, maka akan keluar panduan kendaraan mana saja yang harus kamu taiki dan rute kearah mana saja. seperti dibawah ini.


Di dalam result atau hasil itu terdapat informasi prakiraan waktu kedatangan, dan waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan demi perjalanan. Kalau menurut gambar diatas. Kamu harus naik bus Trans tujuan dari Halte Bank Indonesia menuju Harmoni , kemudian tunggu Bus Trans 12M yang beraangkat dari Harmoni ke Sunter Boulevard. Dan seterusnya...

Untuk versi videonya, ada dibawah sini!


Komentar

Postingan Populer