Contoh Outline untuk Basic Writing

First post on first month - Saya tidak pernah berjanji




Saya tidak pernah berjanji akan menepati janji saya kepada diri saya sendiri untuk memenuhi resolusi untuk blogg ditahun ini. Tidak, saya pasti akan berusaha menepati janji yang saya buat dengan diri sendiri. Saya kira syaiton telah merayu untuk berdalih melupakannya. Namun, karena siapa saya menulis ini? mulai melangkah sedikit menuju realisasi yang hendak dicapai?


Itu karena Bintang kejora, yang mengirim screenshit dari postingan saya, yang mengingatkan saya akan misi yang telah ditentukan. and, that's it. 


Terhadap momentum yang datang kebetulan ( minggu ini saya UAS ), dan ide yang berdatangan. Saya akan membahas mengenai materi yang mungkin akan keluar di UAS, dengan topik cara menulis Outline dalam Matkul Basic Writing, beserta contoh yang sudah saya kerjakan dan menjadi tugas bulan lalu. (sudah dikumpulkan)





Ouline & Outlining





Outline, menurut saya adalah kerangka karangan atau garis besar yang kita buat sebelum menciptakan karangan yang utuh dan lengkap. Dan outlining menurut buku Basic Writing saya, is to arrange the outline of the paragraph.


Fungsi outline sendiri adalah untuk memudahkan kita dalam membuat karangan. Karena sesuatu yang direncanakan dengan baik, maka akan menghasilkan hasil yang baik. Agar, tidak tumpang tindih dan ngaco dalam menulis. maka dibutuhkan outline untuk mengontrol karangan yang kita buat agar teratur dan tidak tumpang tindih. Benar, outline ini seperti rancangan atau perencanaan yang kita buat untuk panduan saat membuat karangan nanti.

Outline, terdiri dari :

- Tittle, yaitu judul karangan

- Topic Sentence, yaitu Ide pokok.

- Supporting Sentence, yaitu kalimat pendukung suatu karangan. biasanya dia memuat informasi mengenai yang sedang dibicarakan. Bisa berupa penjelasan, definisi, atau contoh.

- Supporting Detail, yaitu penjelasan secara detail dari 'support sentence' sendiri, atau bisa dibilang kalimat pendukung atau informasi pendukung dari supporting sentence.

- Concluding sentence, yaitu kesimpulan dari karangan. Biasanya terletak paling bawah atau paragraf akhir dari suatu karangan.

PS: Kalau dalam pelajaran Basic Reading Topic Sentence adalah Main Idea, dan Main ide adalah Topic Sentence. mereka adalah dua hal yang sama. Akan tetapi bila kau sebut 'Topic' saja itu adalah topik atau yang kita bicarakan dan hanya berbentuk dalam kata atau prasa saja, bukan berbentuk kalimat. apabila berbentuk kalimat itu adalah Main Ide/Topic Sentence. Makin bingung? gak usah bingung. Tunggu di postingan berikutnya!

contoh outline di buku paket


Contoh Outline buatan saya :

Tittle :  Mango

Topic Sentence: Mango is tropical fruit

A. Supporting sentence : Mango is tropical fruit
     Supporting detail : Mango grown in Indonesia, Malaysia, Phillippines

B. Supporting sentence : Mango has different colour and taste
     Suppporting detail : Unripe mango has green colour and sour taste
                                           Ripe mango has red or orange colour and sweet taste

C. Supporting sentence : Mango has been a daily food in many countries
     Supporting detail : Philipina has Mango rice and in Pontianak-Indonesia has Sambal mangga

Concluding sentence : Mango is tropical fruit which has been known in several countries

Contoh Karangan sederhana,

Mango

Mango is one of tropical fruit which lives and grows on tropical places. For example Indonesia, Malaysia, and Phillippines. The colour of mango isn't only yellow but also green and orange (it's depend on its age). Same with the colour, mango also has different taste. Green mango has sour taste, and ripe mango has sweet taste. Mango Has been a daily food in several countries such as Philippines with its Mango rice and Pontianak-Indonesia with its Sambal Mangga. Mango is tropical fruit which has been known in several countries



Untuk contoh outline lainnya, silahkan klik postingan terbaru saya disini >>> Contoh Outline Essay

Komentar

Postingan Populer