Cara Mencari nilai Log dan nilai dasar logaritma


Semester 5 ini saya mendapat matakuliah statistik. Dan kebetulan, Selasa, 5 November nanti saya UTS bung! Begini, begini, begini ceritanya, jadi kan saya sudah sampai materi tabel frekuensi penilaian yah. Dan dalam rumus mencari banyaknya kelas untuk tabel frekuensi itu, salah satunya kita disuruh mencari Log. Nah, saya kan sudah amnesia tuh yah, saya juga lupa mapel logaritma itu di dapat di SMP atau SMK, entahlah... lagian kalkulator kan sudah eksis sejak 1960  kenapa susah-susah gituloh, kita sudah dengan mudah mencari nilai log menggunakan kalkulator.

Juga, saya santuy kok yah, soalnya diperkuliahan statistik mau UTS atau belajar, kita memang diizinkan (diwajibkan) menggunakan kalkulator saintifik. Jadi gak susah-susah lagi ber-nostalgik dengan logaritma. Tapi saya, cukup penasaran dan bertanya-tanya.

Ternyata begini cara ngitungnya !

Ada nilai dasar logaritma, yang menjadi landasan dalam mencari nilai logaritma yang harus kita hafal. Kalau;

Log2 = 0,301
Log3 = 0,477
Log5 = 0,699
Log7 = 0,845

Langsung contoh soalnya yah!!

Misalkan, carilah nilai Log30

Log30 = Log (3.5.2)
Log30 = 0,477 + 0,699 + 0,301
Log30 = 1,477


Penjelasan:

1. Jadi dari nilai log yang harus kita cari, kita harus tau berapa kali berapa untuk mendapatkan nilai tersebut. Misalnya, dari Log30 berapa kali berapa untuk mendapatkan angka 30. Dan hasilnya,
3 x 5 x 2 = 30

Jadi,
Log30 = Log (3.5.2)

Kita harus mencari perkalian dari angka-angka dalam aturan dasar logaritma itu, simpelnya kita hanya boleh mencari perkalian menggunakan angka 2,3,5,7 

2. Lalu dari situ kita cari nilai dari masing-masing angka perkalian itu sesuai nilai dasar. Kemudian kita jumlahkan, misalnya;


3 = 0,477
5 = 0,699
2 = 0,301

Jadi, 
Log30 = Log (3.5.2)
Log30 = 0,477 + 0,699 + 0,301
Log30 = 1,477


That's all Folks!
Oh ya! kritik dan saran terbuka lebar, kalau kamu masih kebingungan kamu bisa bertanya di kolom komentar.

Komentar

Postingan Populer