Serba-serbi menjadi youtuber



Siapkan senyummu yang paling indah, atur sedemikian rupa hingga menawan, hingga memikat pada tiga detik pertama video diputar. Atau, kamu bisa menyisipkan beberapa adegan seru, bahkan menyisipkan pertanyaan seolah-olah kamu berkomunikasi langsung dengan netizen, lantas membuat mereka tetap bertahan untuk menonton video yang sudah kamu unggah pada laman Youtube.

Dewasa ini, hampir separuh penduduk bumi menggunakan youtube. Sebuah laman khusus untuk mengunggah dan mencari sesuatu dalam bentuk video. Channel-channel bermunculan dan berjamur seiringan dengan naiknya viewer dan vlogger-vlogger yang berpindah lapak (dari blog ke youtube) dan saat itulah youtube semakin ramai diperbincangkan.



Banyak dari kita menganggap bahwa menjadi youtuber setara Ria Ricis atau Atta Halilintar itu merupakan posisi yang amat sangat menguntungkan. Which is kita berfikir bahwa dengan segala video yang mereka unggah, mereka mendapat income yang amat besar. Well, bisa ya, bisa tidak. Namun, taukah kamu? Menjadi youtuber itu tidak begitu saja seuntung yang kita kira? Namun, tetap bisa kita jadikan sebagai peruntungan. So, di workshop "Yuk jadi Youtuber"  Sabtu, 12 Oktober kemarin, ada beberapa hal nih yang disampaikan oleh Jefferly Helianthusonfri yang berkecimpung dalam Internet Marketing dan juga penulis dari buku "Yuk jadi Youtuber"




Jangan mengandalkan dari youtube AdSense

Ketika kita menoton youtube, biasanya akan disertakan dengan iklan. Nah, dari iklan itulah kita akan memperoleh beberapa dollar perbulannya. Tapi ternyata penghasilan dari AdSense ini tidak terlalu banyak loh, dan kita harus mencapai ribuah subcriber dan tontonan agar bisa memasang AdSense. Eh tapi.. jangan khawatir! karena dengan youtube kita bisa mencari endorsment seperti mengiklankan cafe kita, atau cafe orang lain. Bahkan dengan youtube, kita jadi lebih mudah untuk berpromosi katakanlah kita menyebar brosur dengan 1 lembar = 1000 untuk 100 orang saja sudah harus mengeluarkan Rp. 100.000 tapi dengan youtube kalau kita kreatif, tak perlu tuh modal untuk menjangkau jutaan mata untuk mengenali usaha kita.



Apa saja bisa dijadikan Konten

Kamu kehilangan ide? Kamu seseorang yang baru ingin membuat channel youtube tapi tak tahu harus apa? Ataukah kamu seseorang yang bingung mau lanjutin channel dengan konten seperti apa? Hei Gurls and boys menurut kak Jefferly, apa saja bisa dijadikan konten loh! Misal, kamu seorang dokter, kamu bisa membuat video berupa temu muka dengan pasien-pasien unik atau bermacam-macam pasien, menanyai mereka tentang keluh kesah atau apapun, dan that's it! diantara banyaknya pasien, pasti mereka memiliki keunikan atau kesan-kesan berbeda yang membuat video mu layak untuk ditunggu. Atau kamu seorang penjahit, atau pengagguran sekalipun, profesi apapun, pasti memiliki hal-hal yang ingin sekali kita gali dan kita bagikan dengan orang lain, melalui laman Youtube tentunya. Dan, kalau kamu memang benar-benar menginginkan ide yang sistematis mengenai hal tertentu, kamu bisa langsung mencari di Pinterest, Quora maupun Googletrends.


Wah sebearnya banyak deh hal yang di sampaikan kak Jefferly Helianthusonfri, tapi lebih afdolnya lagi sih semua tips ada di Buku "Yuk Jadi Youtuber" karya Beliau. Dan, sudah ada di Gramedia kesayanganmu loh..... :D

Komentar

Postingan Populer