Cara memasukan Kamus English-Indonesia (English-Indonesia Dictionary) ke Kindle



Jadi ceritanya saya punya Kindle PapperWhite yang gak tau tipe berapa. Cuma, dia kapasitas memorinya 3Gb. Mungkin PapperWhite Generasi 2 atau 3. Nah karena memang bawaan dari Kindlenya gak ada Bahasa Indonesia, yang otomatis Dictionary-nya juga tidak ada Bahasa Indonesia. Jadi saya mencari cara memasukan Dictionary atau kamus secara manual, dan ternyata berhasil! yeayyy....

STEPS:

1. Download dulu file dictionary-nya dengan klik disini > En-Id.mobi untuk kamus Inggris-Indonesia. dan klik disini > Id-En.mobi untuk kamus Indonesia-Inggris. Klik, kemudian ada bacaan download, langsung di klik/unduh.


2. Setelah file terunduh, hubungkan Kindle anda dengan PC, Laptop, atau Komputer. Kemudian copy file yang sudah di unduh tadi, dan taruh di file dictionaries dengan Klik file Kindle documents -dictionaries Lalu Paste-kan disana.



3. Eject Kindle dengan aman, kemudian kita ke pengaturan Kindle untuk memasang kamusnya. dengan cara pilih Setting - All Setting - Language & Dictionaries - Dictionaries - English - Mydict. Selesai! kamusmu telah terpasang dan saatnya mencoba! oh ya ini ada video saat penyetelan di Kindlenya!


That's all Folks!
Oh ya! kritik dan saran terbuka lebar, kalau kamu masih kebingungan kamu bisa bertanya di kolom komentar.

Thanks to:

Komentar

  1. wah terima kasih nih arahannya. berguna banget. cuma sayangnya ga semua kata bisa di translate ya. Kalau semisal ada kata yg ga bisa dia translate otomatis lari ke wikepedia translate english to english. Seandainya ada yang terbaru. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang tidak terlalu lengkap, tapi lumayan juga.. nanti kalau ada info terbaru saya posting lagi deh. saya juga masih nyari2 untuk dictionary indo-eng yang lebih lengkap. :)

      Hapus
  2. Terima kasih tutorialnya. Berguna banget. cuma ga semua kata bisa diterjemahkan. semisal ada kata yang tidak bisa diterjemahkan, automatic lari ke wikepedia english to english. seandainya ada dictionary eng ind mobi terbaru. Mau dong infonya. Terima kasih

    BalasHapus
  3. hay kakak, says download en-id.mobi kok tidak bisa ya? apakah tidak bisa jika di download ke macbook ya?mohon info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku belum pernah coba download langsung ke macbook (gak pernah punya).Sejauh ini aku download lewat komputer atau laptop baru dipindahin ke kindle via USB. Semoga saja aku punya pengalaman dengan macbook. Jadi aku tidak punya bayangan, mungkin kamu bisa pinjam laptop seseorang (?)

      Hapus
  4. Kalo untuk dictionary arab-indo nyari dimana ya, makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu saya belum tau. Nanti kalau ada akan saya kabari🙏

      Hapus
  5. Walau sering pakai english-english, tp membantu banget kalau ada english-indo. Thanks ya!

    BalasHapus
  6. kak, saya pakai aplikasi kindle, jadi bacanya di android. kira2 cara aktif in kamusnya bagaimana mana yah? soalnya ui dll nya beda dengan kindle paperwhite.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf giri kalau itu saya gak tau, karena di android. tapi aku ada rekomend aplikasi yang kamus popup sepperti ini di android jadi kamu tinggal tekan kata di web atau di pesan atau di manapun aplikasinya copy dan.. pop! kamusnya timbul. nama aplikasi untuk kamus popup ini " U Dictionary" ada di PlayStore kok! asal kamu tau dan hidupin mode popup di appsnya.

      Hapus
    2. Yusril Muhyissipa15 April 2021 pukul 11.54

      Saya baru saja bisa kak. Cukup replace file yang ada di folder bernama B00XXXXXX di "storage/Android/data/com.amazon.kindle/files/ or sdcard/Android/data/com.amazon.kindle/files/" yang berformat .prc dengan kamus En-Id.mobi diatas. Ganti namanya file kamus indonesianya persis seperti yang ada di folder

      Hapus
    3. Terimakasih arahannya, sangat membantu untuk yg lainnya🥰

      Hapus
  7. Cara nambah kosa kata dalam kamus caranya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kalau itu saya tidak tahu. kamus yang saya bagikan juga itu buatan orang lain dari sumber url yg tertera. jadi memang kata-katanya tidak lengkap.

      Hapus
  8. setelah di copy ke folder kok pas di kindlenya tidak muncul pilihan buat pilih file kamusnya ya? whitepaper 4 2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah benar-benar mengikuti langkah-langkahnya? mungkin kamu copas di folder yang salah. coba dicek dan ulangi lagi ya. kalau memang tidak bisa mungkin memang kindle tidak mendukung. tapi menurut saya kalau kamu masih bisa copas atau transfer pdf ebook, kayaknya pasti bisa deh.

      Hapus
  9. kalau ada link kamus gratis boleh bagi dong kak hehe

    BalasHapus
  10. Omg makasih bgt!!drtd buka2 google how to put indonesian translation.di ksh web nya tp ga ad arahan cara setting nya.secara ak gaptek. After half an hour finally crossing this page. Thanx bgt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very very much jugakkkk sudah baca tulisanku, aku senang banget kalo bisa membantuuu :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer