Talking about Gerund

Howdy! Guess what? This is the first material that I got yesterday. Well, actually last monday on the subject of Understanding structure. Where I got from someone who's POG and funny too, he's my new lecturer!










Yeayy! Selamat datang semester empat, senin kemarin di matkul Structure kita langsung dipaksa mengingat kembali pada gerund dengan cara yang menyenangkan dan berkesan. Sebab semua rasa malu untuk mencoba langsung terhempas, ketika kita melakukan kesalahan dalam menjawab, dan our Mister menanggapinya dengan ceria. Jadi disini saya akan membahas apa yang saya dapat kemarin, yaitu berkaitan dengan gerund.


Meaning of Gerund


Gerund merupakan kata kerja yang di bendakan, biasanya ia terdiri dari kata kerja + ing misalnya kata kerja Play diberi imbuhan -ing menyadi Playing.



E.g: Playing tennis is fun.

             S                 V

Playing disini bukanlah sebagai kata kerja, melainkan digunakan sebagai kata benda atau gerund, karena dia sebagai subject. dimana ada suatu kententuan dalam linguistik yang berbunyi;


Subjek sudah merupakan kata benda, sedangkan kata benda belum tentu merupakan subjek .

Play sebenarnya merupakan kata kerja, untuk mengubahnya menjadi Gerund kita harus menambahkan morfin -ing menjadi Playing dan menempatkannya sebagai  Subject atau Object.


Karena, apabila kita menempatkannya ditengah-tengah maka ia akan menjadi Present/past continous atau kedudukannya menjadi verb asli, bukan kata benda atau gerund.

Misalnya:  I am Playing tenis.

Playing disini merupakan sebagai verb dalam present continous karena dia bersingungan dengan to be yaitu am. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa rumus dari present continues itu S+ to be + V-ing. Jadi apabila kita menempatkan V-ing setelah to be maka akan menjadi tenses continous. Bukan Gerund.

Berikut contoh gerund dimana kedudukannya menjadi objek dalam suatu kalimat:

I like Playing tenis
S V    O

I disini sebagai subjek, like sebagai verb, maka Playing disini otomatis menjadi gerund karena kedudukan dia sebagai objek.



That's all Folks!
Oh ya! kritik dan saran terbuka lebar, kalau kamu masih kebingungan kamu bisa bertanya di kolom Komentar.


Komentar

Postingan Populer