Suka cita Kenduri Nusantara Kota Pati


Haiiii semuaa, tau gak sih? tadi itu ada Kenduri Nusantara loh di Pati, tepatnya di Desa Banyutowo. Acaranya itu, meriahh sekalii.. karena selain rangkaian acara yang meyenangkan, dress code yang dikenakan juga menyempurnakan segalanya.

For your information, kenduri adalah gerakan budaya yang diadakan masyarakat. Dan kenduri yang diadakan oleh masyarakat Kota Pati, dilaksanakan dalam rangka perwujudan mereka akan kepedulian terhadap situasi Bangsa ini loh. Acara ini juga diadakan untuk mengajak masyarakat dan para penerus bangsa, agar mengenal nilai dan pesan dari budaya itu sendiri. Seperti menjaga persatuan NKRI sebagaimana para pendahulu kita pernah laksanakan.



Acara ini cukup meriah, disana kita melaksanakan Umbul Donga Larung Sukerto yaitu ritual yang biasa dilaksanakan masyarakat nelayan Kota Pati sebagai penyampaian rasa syukur atas apa yang sudah Tuhan berikan melalui hasil lautnya dan menjaganya hingga akhir hayat.

Larung Sukerto itu, simbol untuk membuang hal negatif atau tindak tanduk yang mengancam bangsa Indonesia. Dan simbol dari larung ini adalah tumpeng merah putih yang menjadi simbol semangat dan simbol kecintaan kepada NKRI.

Tumpeng sebagai simbolik semangat persatuan

Selain Larung Sukerto, disana juga menyaajikan pentas Tari gambyong, Tausiyah oleh Gus umar, Doa bersama demi keutuhan bangsa, melakukan kembulan alias makan bersama, kemudian ditutup dengan apiknya Tari Tayub. Kembulan, adalah hal yang paling menarik di acara ini, karena melakukan makan bersama dalam wadah yang sama dan serentak menunjukan persatuan dan kesatuan antara sesama.

Kembulan

Berbicara tentang Kota Pati, menurut saya Kota Pati memiliki destinasti wisata yang cukup menjanjikan, instagaramnable, dan faktanya seorang travel blogger harus coba mendatangi seluruh spot-spot wisata nih, jadi kalau belum ke Kota Pati bisa di tandai di waiting list berikutnya yah.


Back to Kenduri , Kenduri Kota Pati ini terinpirasi oleh Doa Anak Negeri yang diadakan minggu lalu di Solo. Tetapi mungkin acara ini agak berbeda dari sebelumnya. Karena dalam keduri di Kota Pati ini, menyajikan pentas Tari Tayub. Yaitu tari yang mempunyai kesalarasan dan keindahan dalam setiap gerak gemulainya, serta mengandung pesan guyub pada masyarakat untuk senatiasa bersatu, rukun, dan dalam kedamaian dalam bentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Tari Gambyong sebagai pembukaan



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer