Determine the Topic

Nah gengs, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menentukan topik  serta jenis-jenis cara menentukannya.

https://pin.it/czot446kizihov

First, Topic/ Topik

Topik adalah sesuatu yang kita bicarakan atau bahas dalam suatu karangan. Dan menurut KKBI pengerian topik seperti ini :

  1. n pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan sebagainya; bahan diskusi: masalah yang akan menjadi -- sidang DPA ke-4 tahun itu ialah “Pemerataan dalam Pembangunan Regional dan Perdesaan”
  2. n hal yang menarik perhatian umum pada waktu akhir-akhir ini; bahan pembicaraan
  3. n Ling subjek yang dibahas dalam sebuah teks

Ingat! Topik hanya berbentuk satu atau dua kata atau phrasa yang tidak memiliki kata kerja, atau berbentuk kalimat lengkap, pun bila memiliki kata kerja, ia hanya berbentuk prasa atau verb phrase . Jadi kalian harus hati-hati dalam menentukan apakah itu prasa atau kalimat, karena sesungguhnya makna di keduanya itu sangat berbeda.

Misalnya : How to make a tea '<- i="" style="font-weight: bold;">Make' -dalam hal ini adalah Verb phrase. dimana sesuatu ini, tidak berbentuk kalimat.
seperti she makes a tea ( dia membuat teh) itu sudah termasuk kalimat karena ada kejadian dimana noun phrase yaitu she bertemu dengan verb phrase yaitu makes a tea.

kalau how to make a tea dia bermakna ( cara membuat teh) How-to disini menyatakan adjective yang menganggu Make (verb) dan menjadikannya, menjadi Verb Phrase.


Dari mana saya tahu how to itu adjective? yaitu dari apps English dictionary yang menyatakan;




How-to
 1. adj. that give advice or instruction on a particular topic.



simply, yang perlu kalian ingat yaitu Topik adalah sesuatu yang kita bicarakan dan hanya berbentuk dalam suatu kata atau prasa, gak lebih.




Determine the Topic


Ada tiga jenis dalam menemukan topik, namun dosen saya hanya mengajarkan dua. yaitu, Finding the Topic, dan Inferring the Topic. Dan mungkin saya akan mengambil sample sederhana saja.




1. Finding topic

Finding the Topic yaitu dimana Kata, Prasa, atau Topik itu sendiri. sudah tertera dalam teks atau paragraph secara tersurat alias kelihatan. Biasanya, kata atau prasa itu sendiri paling banyak disebut atau telah mewakili, dan paling mewakili seluruh isi dalam karangan.

Misalnya, dari kumpulan kata : Banjarmasin, Bandung, Jakarta, Bogor, City.

yang paling mewakili semuanya adalah City (kota). Jadi, topik disini adalah City

contoh paragraf :

Mango is one of tropical fruit which lives and grows on tropical places. For example Indonesia, Malaysia, and Phillippines. The colour of mango isn't only yellow but also green and orange (it's depend on its age). Same with the colour, mango also has different taste. Green mango has sour taste, and ripe mango has sweet taste.

The Topic : Topik disini adalah Mango. karena kita tidak sedang membahas colour, ataupun countries atau taste. Biarpun kita membahas, tetapi ujung-ujungnya tetap merujuk ke Mango. dan kata Mango sendiri, sudah tersedia didalam teks. jadi Jenis topic ini adalah Finding the Topic.


2. Inferring the Topic


Berbedaa dengan Finding the Topic. Justru Inferring the Topic adalah Topic dimana Kata, Prasa, atau Topik itu sendiri tidak tertera dalam teks, atau bersifat tersirat. Jadi dalam menentukan topik ini, kita harus berfikir dan menyimpulkan kata atau phrasa apa yang dapat mewakili keseluruhan teks.


Misalnya dalam menentukan kumpulan kata berikut ini ;

Banjarmasin, Bandung, Jakarta, Bogor, Medan

Kata atau topic yang dapat mewakili keseluruhan dari kumpulan kata diatas adalah City (kota), karena kita tahu bahwa Banjarmasin, Bandung, Jakarta, dsb. merupakan nama-nama kota. Jadi topiknya adalah Kota/City. Sedangkan Jenis topik ini adalah Inferring the Topic kenapa? Karena kata City/kota itu sendiri tidak terdapat dalam kumpulan kata diatas.



Well, segitu saja dulu,
Thanks for reading and see ya!
Oh ya! kritik dan saran terbuka lebar, kalau kamu masih kebingungan kamu bisa bertanya di kolom Komentar.


Komentar

Postingan Populer