Seminar Program Kreatifitas Mahasiswa ( PKM ) di Bulan April untuk kamu yang ingin tahu cara menyalurkan Ide-Ide Kreatif

Saya itu paling bosen, sama orang yang suka bertanya padahal jawabannya persis didepan mata. Saya tahu, kecepatan pemahan orang itu berbeda-beda. Tapi masa iya segitunya, untuk orang yang udah saya akui kepandaiannya. Terkadang, saya jadi mikir 'Nih orang beneran nanya gak sih?' habis itu saya hanya akan menatap, malas.

Saya juga sebel dengan orang yang bertanya dengan belibet-libet seperti benang kusut. Bukannya saya mau menghakimi. Yah, bertanya itu baik, apalagi kalau kamu tau kekuranganmu dan kita memang disuruh untuk menjadi Manusia yang Kritis. Tapi, selama ini yang saya dapetin apa? bukannya kritis yang penuh dengan makna, tapi orang yang bertanya seperti itu, pasti lagi-lagi yang saya akui kepandaiannya. Masalahnya tuh saya menduga, dia bertanya bukannya tidak tahu. Tapi malah nyari masalah, niat selubung menguji yang ditanya, atau niat selubung hanya karena dia mau terlihat. 'Nih loh, gue nanyanya susahkan?' Padahal kadang dia sendiri sudah tau jawabannya. Lalu untuk apa ia bertanya? ujung-ujungnya kesitu-situ juga.

Kalau diantara kamu ada yang 'ngena' , dengan pernyataan saya. Fix, kita gak cocok berada dalam satu forum Diskusi. Maaf ya, dari awal kata saya malah menyelipkan hal-hal negatif. Jujur saja, saya lagi dalam mood misuh-misuh.

Tenang, akan saya keep. kalau saya misuh-misuh, nanti kritik saya melejit lebih dari pada harga cabe dipasar. Dosa. Jadi Please, ingatkan saya bila saya mulai berbuat hal yang tidak baik.

As you know Judulnya aja tentang seminar. Mengenyampikan ketidaknyamanan saya, saya berfikir. mending saya sharing ke kamu tentang PKM dari sini. toh materinya sama juga. Apalagi kalau memang kamu berhalangan untuk menghadiri seminar PKM namun enthusias dengan PKM dan ingin tahu Hal-hal yang ada didalamnya. Jadi, be enjoy dengan tulisan saya. Tanpa misuh-misuh yah haha...
 

Bapak Mudjiarto, S.E., M.Sc. sedang menjelaskan tentang apa itu Program Kreativitas Mahasiswa.




Jakarta, 7 April 2018

Dimulai dari awal Registrasi pukul 8:15 WIB, pagi itu. Acara Seminar Program Kreativitas Mahasiswa di buka sekitar pukul sembilan oleh Bapak M. Sulhan, M.Pd. selaku Sekertaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, setelah rangkaian sambutan yang tidak saya sebutkan. Kemudian, dilanjutkan oleh Bapak Mudjiarto selaku speaker atau pembicara dalam seminar yang bertemakan Improving the Academic Quality trough Student Creativity Program. Yang mana, Beliau merupakan salah satu dari National Team Reviewer PKM.

Dalam acara ini, kita membahas tentang berbagai hal mengenai PKM. apa itu PKM?


PKM adalah singkatan dari Program Kreatifitas Mahasiswa, dimana Program ini merupakan Program yang di adakan oleh Dikti untuk menyalurkan ide-ide kreatif yang dimiliki para Mahasiswa, memicu para Mahasiswa untuk berfikir lebih kritis. Serta sebagai target, untuk menerapkan khususnya dua dari Tridharma Perguruan Tinggi. yaitu ; Penelitian dan Pengembangan, Serta Pengabdian Masyarakat. Jadi jika kamu punya ide yang ingin disalurkan, kamu bisa mengikuti PKM ini.

Tiga puluh persen dari hasil PKM dapat memengaruhi Akreditas suatu Perguruan Tinggi. Kebanyakan, PKM diikuti oleh Perguruan tinggi negeri. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk swasta pula, wong ini ditujukan untuk seluruh Mahasiswa di Indonesia. Sedangkan, kampus saya tahun ini baru satu yang lolos dalam seleksi admisnistrasi, dan sedang dalam tahap Penelitian di Serpong. Proposal Pengajuan itu, diajukan oleh Mahasiswa dari Prodi Bahasa Inggris. Yang kalau tidak salah, mereka mengangkat masalah dalam Pembelajaran Phonetic untuk Manusia yang mempunyai 'keterbatasaan' fisik. Agar mereka, walaupun punya 'keterbatasan' itu, tetap bisa berbahasa inggris dengan baik.

PKM terbagi dari beberapa jenis, yaitu ;

- PKM Penelitian / PKMP

adalah karya kreatif dalam memecahkan masalah, atau pegembangan. Dengan cara melakukan Penelitian. misalnya masalah seperti fenomena alam yang meresahkan, berdasarkan sumber yang kuat dan nyata. atau masalah yang terjadi dalam pencernaan. Atau masalah apapun yang bersifat Ilmiah. dan kamu akan mencari, masalah yang mau kamu bahas namun harus masuk akal dan berguna. lalu kamu adakan Penelitian atas masalah tersebut, yang nantinya kamu cari tahu penyebabnya, dan mungkin solusinya.

- PKM Penerapan Teknologi / PKMT

adalah karya kreatif dan inofativ dalam menciptakan suatu karya Teknologi ( Prototipe, model, peralatan, proses ) yang dibutuhkan oleh masyarakat produksi. maksudnya disini adalah, kamu akan bekerjama sama dengan masyarakat produktif misalnya, petani, wirausahawan, bahkan industri. dan kamu akan dituntut untuk menciptakan karya teknologi atau Penerapan Teknologi yang tepat yang akan memecahkan masalah yang mereka hadapi. misalnya, Uji Coba Teknologi Tepat Guna untuk Budidaya Ikan Lele.

- PKM Kewirausahaan / PKMK

merupakan kreativitas yang inovatif dalam menciptakan Peluang Pasar. atau, mungkin suatu produk yah. jadi bagi kamu, punya ide kreatif untuk menciptakan produk. bersainglah di PKM ini. seperti, pemanfaatan limbah plastik untuk kamu rangkai menjadi bunga sedemikian cantik, agar limbah itu bisa memiliki Harga dipasaran. Dan untuk PKMK ini, kamu diwajibkan bermitra dengan  Manusia yang tidak Produktif. Misalnya, Ibu rumah tangga, Siswa, atau para Lansia. Hingga dari yang mereka tidak memiliki penghasilan, berkat Ide kreatif kamu, mereka bisa mengais rezeki dengan memproduksi Ide itu. disitulah, sebenarnya Pengabdian terhadap Masyarakat 'terselubung'.

- PKM Pengabdian Masyarakat /PKMM

adalah kreativitas dalam membantu memecahkan persoalan dimasyarakat. seperti ; Penataan dan Perbaikan lingkungan, Pengentasan kemiskinan, Pengembangan kelembagaan masyarakat, Penangan banjir dll. misalnya seperti yang kampus saya sedang ajukan, yaitu mencari metode agar yang mempunyai 'keterbatasan' juga dapat berbahasa inggris dengan baik. Ini, masuknya ke PKMM ini. dimana mereka berusaha mengembangkan kualitas masyarakat.

- PKM Karsa Cipta

adalah PKM yang menuntut kamu untuk, menyumbang Ide-ide kreatif yang tidak mesti sekarang dilakukan. atau perencanaanya untuk dilaksanakan lima atau bahkan sepuluh tahun mendatang. seperti, kamu ingin mengatasi masalah banjir. caranya gimana? nah, kamu punya ide. gimana kalo setiap rumah di kasih pelampung. Biar kalau banjir datang, rumahnya pada ngambang. nah, ide kayak begitu tuh bagus, cumakan gak bisa langusung tembak diterapin sekarang. dan Ide yang seperti itu namanya, Karsa Cipta.


sebenarnya dalam PKM ada beberapa proses. Tapi busetdah, kamu bisa mati kebosenan baca ocehan saya. jadi saya akan mengirim PPT disini, supaya kamu bisa download dan pelajar sendiri. tapi please,  kalau niat orang udah baik. Jangan disalah gunakan ya.

Saya mau cerita sedikitt lagi, Tips yang diberikan Beliau dalam mengajukan Idemu dalam PKM ini.

Bukan berarti kamu mengajukan Ide, lantas langsung diterima gitu aja. Disini juga ada  yang namanya tahap seleksi. Nih yah, meskipun Ide mu Briliant, Jarang ada, Tepat sasaran, dilengkapi Tulisan yang menarik dan bagus. tapi kamu harus tahu, kalo ternyata dalam seleksi Administrasi kamu kurang lengkap satu huruf saja. Tamat sudah Riwayat.

Jadi hati-hati dalam menyusun Proposal, kepatuhanmu dalam mengikuti Format Pedoman yang ada itu dituntut benar-benar. kalau mereka menemukan satu saja yang kurang. Tanpa melihat isi Proposal, kamu langsung didiskualifikasi gituh aja. Jadi please Teliti saat penyusunan Proposal. kamu tahu? 65-70% Proposal yang diajukan, gugur dalam seleksi Administrasi.

Dan jangan Pernah salah kamar. Maksudnya tuh, kayak Isi yang kamu bahas itu gak sesuai dengan Tema. misalnya, kamu mau ngambil PKM Teknologi, tapi mitra yang kamu ajak kerja sama itu Manusia yang gak Produktif. kan salah, harusnya Manusia yang Produktif. Yang sudah punya Usaha atau Petani atau Peternak. kalau kamu bermitra dengan Ibu rumah Tangga, kan masuknya ke PKMK.


Well, cuma sampai disini saya bisa Nyerocos. kalau kamu mau pelajari lebih lanjut, kamu bisa Download di link ini ->Download PPT PKM
caranya, klik link itu. lalu klik File. lalu ada pilihan Download sebagai klik dan jangan lupa untuk format filenya kamu pilih Microsoft Power Point, klik.Lalu Save.

Kalau kamu mau langsung read PPT nya, klik disini -> Read PPT PKM

Oh ya! kritik dan saran terbuka lebar, kalau kamu masih kebingungan. Kamu bisa bertanya di kolom Komentar.

see ya,

Komentar

Postingan Populer