If you're an English leaner, you must have these! List aplikasi untuk melatih kemampuan berbahasa inggris.

Susah aja, atau susah banget belajar bahasa inggris? bagi saya sih, yah susah. cuma kan kita sebagai manusia harus berani mencoba. Sedikit curhat, saya ini sebenarnya lebih tertarik dengan matematika. Tapi ketika kuliah, ternyata nyasar ke jurusan Bahasa inggris. Saya sendiri sih yang menyasarkan diri haha....

Tapi eh tapi, saya gak hanya cuma menjalani sesuatu yang sebenarnya gak saya minati. Tapi okelah, saya sudah nyasar. Kenapa enggak coba nikmati pemandangan sekitar? walaupun itu hanyalah pemandangan tak mengenakan dan tadus. Saya berfikir, okeh. Saya akan membuat tanah tandus itu menjadi padang bunga haha.....

Nah, kuliah itu gak berarti Dosen harus mendidik anaknya sampai tuntas. Secara sebutan lain dari pembelajaran tingkat S1 dan keatasnya itu Andragogik, dimana yang diajarkan itu manusia dewasa. dan para Dosen yang cukup Profesional itu akan mengatakan "saya gak tau, kamu ngerti apa enggak. saya sudah menjelaskan materi, kamu cukup dewasa untuk menganilisis. jadi yah sudah, tugas saya hanya sampai disini. sisanya terserah kamu."

Maknanya tuh, mereka bukanlah Guru TK atau Ibu Guru SD mu yang tercinta, yang akan senantiasa sabar mengajarimu membaca sampai bisa. Nah, Dosen tuh beda. tapi gak semuanya Dosen begitu sih, beberapa ada yang Berbaik hati  mengajari mahasiswanya dengan begitu bijaksana.

Terkadang, saya juga bertanya-tanya. lah untuk apa Kuliah kalo gak dididik? suruh nyari sendiri? belajar sendiri dong namanya? gak butuh guru? cukup baca aja terus mikir. Piss Pak ! manja emang sayanya haha....

Nah dari situ saya coba cari Exercise untuk saya sendiri, kan Ponsel amat canggih tuh. Dari pada buang waktu dengan 'Mengirikan Rumput Tetangga Yang Lebih Hijau' di Medsos. Mending tuh Ponsel dibuat belajar, biar mereka iri. Karena Pinter itu jarang ada yang punya haha....

Oleh karena itu, disini saya punya beberapa rujukan Aplikasi Google Play, buat kamu yang mau ningkatin Perfomance dalam Berbahasa Inggris atau baru belajar Bahasa Inggris, dengan seru dan gak ngebosenin. berikut Aplikasi yang wajib kamu download :


1. Speedy English




Speedy English, adalah aplikasi Permainan berbasis Education yang digagas oleh tim Wobblemonkey dan tersedia di Appstore atau GooglePlay. Disini kamu akan bermain sambil belajar. Seperti halnya permainan kata, kamu akan dituntut menyusun kata hingga membentuk kalimat dengan tense tertentu berdasarkan level permainan. Disini juga ada pilihan apakah kamu mau 'Study' mempelajari rumusnya dahulu, atau langsung 'play' yaitu tantangan bermain. Kalau saya sih langsung play haha... kalau kamu bingung ditengah permainan, kamu bisa 'pause' dan akan terbuka rumus atau Tense yang sedang kamu hadapi.

Saya sih gak naruh aplikasinya disini, takut menyalahi aturan. Jadi saya akan membagi linknya saja, lagian ujung-ujungnya didownload juga. Kecuali kalau kamu kayak teman saya, ketemu langsung minta ShareIt gituh haha.... ini link nya ->  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wobblemonkey.speedygram



2.Curiosity


Waduh, kalau Curiosity ini sih. untuk para kalian yang udah 'Mahir pake Banget' dalam berbahasa Inggris. Karena didalam Curiosity ini isinya hanya berita dan Ilmu pengetahuan yang bisa bikin kamu Melek Mata. Dan semua itu Full Artikel berbahasa Inggris, tanpa Pilihan Bahasa Indonesia. saya download, karena saya gemas sekali dengan hal-hal yang berbau Ilmu Pengetahuan. Siapa tau kamu setipe dengan saya haha.... lagian kan sedari awal saya sudah bilang, namanya juga Manusia jangan takut mencoba. kamu bisa keep Apk ini dulu, nanti kalo kamu sudah melebar ilmunya kamu  bisa menikmati Apk ini. Saya sih mikirnya gitu, gak ada salahnya bermimpi kan?  ini linknya  ->    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.curiosity.dailycuriosity


3.English Dictionary-Offline


Aplikasi ini saya temukan, ketika Batin saya berteriak "Kenapa hidup harus seberat membawa Kamus?" Lecture saya, menyuruh setiap mahasiswanya untuk membawa Kamus Pocket, English-Elingsh Dictionary, atau Oxford Dictionary. Yang malang, harus mengeluarkan 100 ribu rupiah untuk Pocket yang kecil.

Kalau saya beruntung, kakak saya punya Oxford Dictionary. Beruntung dong? dibanding yang lain, harus rela 100 ribu mereka ngacir dari dompet. Gapapa sih yah kalo buat belajar mah haha.... tapi kamu tahu? kamus saya itu bentuknya segede jaban,  beratnya itu 2kg ( baru nimbang tadi ) kebayang gak tuh, 2 Jam perjalanan Transjakarta, berdiri, bawa Kamus itu pula. Yang kesel lagi, halamanya ada yang gak lengkap!

Oleh karena itu saya mencari-cari dengan gigih apk yang bisa membantu saya. Dan tuhan mempertemukan saya dengan English Dictionary. Apk ini mirip dengan kamus Oxford, ada meaning of the word bersama Pronounciation-nya ( British, Amerika, International Phonetic Associaton, etc.) juga speaker yang senantiasa bila kamu touch dia akan bersuara. Best lah, apalagi ini Kamus Offline. match dengan saya yang notabenenya, manusia yang tidak bergelimangan Kuota haha... ini linknya -> https://play.google.com/store/apps/details?id=livio.pack.lang.en_US


4.Kamus Besar Bahasa Indonesia


Okeh, okeh, saya ngaku. ini tuh something yang Out of topic banget. tapi saya mau tuh kalian tahu, ibarat kata. 'Sesibuk-sibuknya kamu belajar, atau bekerja. jangan lupa pulang kerumah.' atau, sesuka-sukanya kalian Belajar Bahasa Inggris please, jangan lupain Bahasa Ibu Kita. Dilain sisi, Apk ini bermanfaat kok. Bener deh, kamu bisa cari pengertian dari setiap kata. Apalagi kalau ada kata yang jarang kamu ketahui artinya. Pokoknya bermanfaat deh, kamu bisa download Aplikasinya dengan mengunjungi link ini -> https://play.google.com/store/apps/details?id=yuku.kbbi5


5. Kamus Inggris-Indonesia


Sebenarnya, Aplikasi Kamus Inggris-Indonesia ini sama dengan Aplikasi serupa pada umumnya. Hanya saja, mereka punya beberapa kelebihan. Yaitu; fitur yang mereka sajikan sederhana dan gak bikin puyeng, ada speaker-nya ,dan yang paling saya kagumi itu, tentu saja karena Aplikasi ini Offline. Dimana, walaupun kuota sudah menguap hilang tak berbekas, saya masih bisa tertolong dengan Apk ini haha... kamu bisa mendownloadnya disini ->  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dridev.kamusku



6.Kata Kerja Tidak Beraturan


Nah ini dia, Aplikasi yang amat-sangat saya anjurkan untuk kamu. IV kata kerja tak beraturan ini, hampir mirip dengan Speedy English, karena berbentuk Education Games. Dimana, membantu kalian dalam menghafal Irregular Verb tanpa kamu merasa susah, atau tertekan. Apalagi eh apalagi, keharusan bagi saya untuk menghafal Irregular Verb. Tapi dengan Aplikasi ini, menghafal jadi mudah dan asik. Tidak terasa saya sudah hapal saja tiba-tiba haha... yaudah, yuk langsung didownload, biarkan saja si 'Rumput Tetangga.' sibukan dirimu dengan Education Games ini -> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gedev.irregular


7. Phonemic Chart


Phonemic atau fonemik dalam bahasa Indonesianya, adalah Ilmu Bahasa ( Linguistik ) tentang sistem fonem. Atau pelafalan suatu suku kata, atau huruf. Huruf itu dalam pelafalan Bahasa Inggris tidak selamanya  sejalan dengan apa yang tertulis atau terlihat. Misalnya 'a' dibaca 'ei'.
Nah, Aplikasi ini berguna untuk kamu yang sedang dalam tahap mempelajari Phonemic atau Pronounciation. Aplikasi ini dilengkapi contoh, dan bila kamu sentuh ikonnya maka akan mengeluarkan suara.  Kamu bisa download dengan mengunjungi link ini -> https://play.google.com/store/apps/details?id=air.com.unik.phonemic



 _____

Well, Itu semua Saran yang mampu saya berikan, maaf yah kalau rada 'dibumbui' curhatan haha.. kalau kamu punya sesuatu yang mau kamu bagi, bagi saja disini. Biar kita bisa belajar bersama-sama, dan Pintar sama-sama. Jangan lupa berdoa, karena hanya Tuhan yang bisa memberi kamu Hikmah.

Oh ya! kritik dan saran terbuka lebar, kalau kamu masih kebingungan. Kamu bisa bertanya di kolom Komentar.


see ya,

Komentar

Postingan Populer