Ginger ( Jahe ) - Zingiber Officinale

taken from : startcooking.com


Ginger ( Jahe ) atau dengan nama Ilmiah Zingiber Officinale, kemungkinan berasal dari Asia Tenggara dan dibudidayakan di kawasan atau daerah tropis di dibelahan timur dan barat. Jahe, tersebar luas di seluruh Nusantara Indonesia, tumbuh di hutan-hutan kecil, bebas pasir, serta mengandung kadar tanah liat yang tinggi dari material organik. Istilah umum dari Zingiber Officinale  ( Jahe ) , Dimana bermula dari Selatan China lalu dibudidayakan hingga tersebar ke India, Asia Selatan , Afrika Barat , dan Karibia.

Jahe mengandung kira-kira 1-4 % Volatile Oil, yang merupakan Rasa, Bau, dan Efektifitas Medis.Unsur pokok keharuman didalam Jahe termasuk Zingiberene dan Bisabolene, dimana unsur pokok rasa pedasnya diketahui adalah  Gingerol dan shogaol.

Di Asia Timur Selatan, Jahe segar maraknya digunkan untuk memasak, sebagai bumbu, bahkan sayuran.Minyak Jahe sering sekal digunakan dalam makanan, rempah-rempah, manisan, minuman, kosmetik, parfum, dan Industri obat-obatan. Banyak orang Asia mengguakan Jahe untuk menghangatkan tubuh, dan sudah digunakan untuk Obat-obatan Herbal sejak Zaman Dahulu. telah ditujukan untuk merangsang usus, meningkatkan produksi saliva, cairan pencernaaan dan empedu.

Diterjemahkan dari Natura Laboratoria Prima pt.


Glossary

Volatile oil : adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas.


Bisabolene : adalah kelompok senyawa kimia alami yang terkait erat yang diklasifikasikan sebagai seskuiterpen . Bisabolene hadir dalam minyak esensial dari berbagai jenis tanaman termasuk cubeb, lemon dan oregano . Berbagai turunan juga berfungsi sebagai feromon pada serangga yang berbeda , seperti bau busuk dan lalat buah. Hal ini juga telah diamati untuk diproduksi oleh beberapa jamur, meskipun peran biologis dalam kelompok organisme tersebut masih belum jelas. 


Gingerol :adalah flavonol dan Phytonutrisi yang dapat ditemukan di jahe segar. Ini telah dikaitkan dengan mencegah kanker, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan banyak lagi.

Shogaol : zat yang memiliki aroma yang lebih tajam dibanding dengan gingerol, shogaol ditemukan pada jahe kering.


Zingiberene (C15H24) :  adalah salah satu komponen minyak atsiri jahe dimana proporsi jumlahnya paling banyak.Zingiberene ini termasuk di dalam golongan monosiklik seskuiterpen. Manfaat dari zingiberene ini antara lain sebagai anti oksidan alami, anti fungal, anti virus, anti panas dan agen anti fertilitas Komponen zingiberene ini memberikan rasa yang berbeda pada jahe



Sumber:

Natura Laboratoria Prima pt.
https://id.wikipedia.org
www.translate.com/english/zingiberene
http://id.gmp-factory.com/info/gingerol-for-preventing-cancer-
https://hadyherbs.wordpress.com/2011/12/08/gingerol-dari-rimpang-jahe


End.
Thanks for reading, 'Saran dan Kritik terbuka Lebar'

Komentar

Postingan Populer